Mungkin Sobat blogger semua sudah mafhum bahwa Adsense merupakan salah satu PPC terbaik dunia sekarang, mereka memiliki banyak Advertiser premium. Pantas saja jika akhirnya Adsense dijadikan pilihan terbaik oleh para Publisher lokal maupun Internasional.

Jika Anda merupakan barisan patah hati yang pernah di Banned Adsense, anda perlu mempertimbangkan beberapa media penyedia iklan lokal ini. PPC Indonesia ini pantas dijadikan alternatif adsense, mereka memiliki advertiser premium. PPC Indonesia terbaik alternatif adsense ini tidak menampilkan iklan obat penguat, MLM, atau sejenisnya seperti kebanyakan PPC lokal. Mereka memiliki Advertiser brand-brand yang sudah terkenal, yang tidak kalah dengan iklan Adsense.

Setelah tahun 2010, dimulai dengan IdBlogNetwork, PPC terbaru premium Indonesia mulai bermunculan. Tentu hal ini merupakan kabar baik bagi semua webmaster dan blogger.

Lalu apa saja daftar PPC Indonesia terbaik alternatif Google AdSense itu?


AdStars muncul setelah idBlogNetwork, tetapi advertiser dan publisher pada AdStars bukan sembarangan. Mereka memiliki publisher dan advertiser premium. Sebut saja IDWS yang menjadi publisher AdStars.

Untuk bergabung sebagai publisher, PPC Lokal premium ini mensyaratkan minimal 50.000 pageviews setiap bulan. Syarat ini lebih ringan jika dibandingkan sebelumnya, Adstars sebelumnya meminta publisher untuk memiliki 125.000 page views setiap bulan.

Iklan yang ditawarkan adstars adalah CPC, CPM, dan CPV. Ukuran iklan pada adstars adalah standard IaB.


AdPlus merupakan salah satu PPC Indonesia terbaik. AdPlus hadir setleh IdBlogNetwork dan Adstars hadir. AdPlus memiliki beberapa jenis iklan yang cukup unik, CPV (Cost per Visit), CPC (Cost Per Click), CPL (Cost per Lead), CPS (Cost per Sales), dan CPM (Cost Per Mile).

AdPlus menjadi pesaing PPC premium lain di Indonesia, mereka memiliki cukup banyak advertiser. Setiap terdapat advertiser yang bergabung dengan AdPlus, mereka akan memberitahu kita dengan email.

Untuk bergabung dengan AdPlus, kita harus memiliki domain TLD, 200.000 PV per tiga bulan, dan tidak menyalahi UU ITE.

Minimum pembayaran AdPlus adalah $25 USD.


IdBlogNetwork adalah PPC Premium Indonesia pertama yang hadir, mereka hanya menerima blogger sebagai publisher.

Untuk bergabung dengan salah satu PPV Indonesia terbaik ini, tidak ada syarat harus memiliki berapa PV, tetapi blogger hanya perlu memiliki blog yang ‘sehat’ dan Alexa Rank yang cukup kecil.

Minimum pembayaran IdBlogNetwork adalah satu juta rupiah.

Sayangnya, pada IdBlogNetwork, tidak semua blogger akan mendapatkan iklan.


Yang membuat SITTI heboh ketika itu adalah salah satu pernyataan SITI menantang google Adwords. Mereka mengklaim bahwa iklan mereka jauh lebih relevant dibandingkan Adsense.

Untuk bergabung dengan SITTI, syaratnya cukup mudah. Blog kita hanya perlu menarik dan tidak memiliki konten dewasa, sara, rasis, dll.

Minimum pembayaran SITTI adalah Rp 100.000,-.


Sebenarnya Innity bukan berasal dari Indonesia, tetapi dari Malaysia. Akan tetapi, Innity memiliki kantor di Jakarta.

PPC ini terbilang yang paling senior dan yang paling unik dari 4 PPC di atas. Produk yang paling unik adalah CPE (Cost per Engagment). Yaitu produk iklan yang menghitung tiap gerakan kursor kita di area iklan.

Penawaran yang diberikan Innity selalu terbaik diantara PPC lokal lain, sampai sekarang harga CPC, CPE, dan CPM belum pernah dibawah Rp 2000,-. Bahkan untuk CPA pernah mendapatkan Rp 120 ribu per-auction.


**
Bagaimana? Adsense ternyata bukan segalanya, masih banyak altenatif yang bisa kita coba. PPC Indonesia terbaik di atas terbukti mampu memberikan hasil yang tidak kalah dengan adsense dan bahkan lebih besar dari adsense.

Semoga Bermanfaat..