10 Alasan Utama Belajar Blog

Informasi ini merupakan jawaban dari pertanyaan "Kenapa Aku Harus Ngeblog ..?!"

Dengan makin berkembang dan populernya ngeblog buat siapapun yang senang internetan, pertanyaan apa alasan ngeblog jadi sering ditanyakan. Dibawah ini yang terpikir oleh saya sebagai alasan ngeblog. Apa juga jadi alasan kamu?!


  • Untuk menyampaikan isi pikiran dan pendapat kita tentang sesuatu.
Alasan ini adalah alasan natural dari semua blogger, termasuk saya tentunya. Dengan aktif ngeblog, kita secara tidak langsung belajar untuk selalu menumpahkan unek-unek dan perasaan kita dalam bentuk tulisan. Ini tentunya merupakan hal yang positif.
  • Untuk menjual sesuatu, atau mempromosikan sesuatu.
Blogging adalah media canggih untuk berjualan sesuatu. Dan ini banyak caranya, bisa berjualan langsung produk tertentu yang memang diproduksinya. Bisa juga ikut menjualkan milik orang lain (affiliate).

  • Untuk menolong orang lain.
Seringkali kita punya suatu masalah dalam satu situasi dan ingin berbagi dengan orang lain bagaimana kita bisa selamat dari situasi tersebut. Kebanyakan dari blog tentang kesehatan dan parenting biasanya masuk di penggolongan ini.

  • Agar seorang bisa menjadi expert dalam satu topik khusus.
Blog sangat membantu seseorang untuk bisa ahli dalam hal tertentu. Misalnya untuk orang yang sedang menekuni hal tertentu blog bisa jadi catatan dari perkembangan kemampuannya, plus kemungkinan ia mendapatkan bantuan pada hal-hal yang ia masih belum mahir. Paling tidak lama-kelamaan kita bisa expert dalam menulis di blog sendiri, betul?!

  • Bertemu dengan sesama blogger.
Terutama yang punya interest yang sama. Sepaham maupun kontra.

  • Untuk menegaskan perbedaan.
Misalnya blog tentang politik. Pengusung suatu kebijakan partai tertentu misalnya sangat boleh jadi mengedepankan program partainya dan mengkritisi kebijakan partai lain.

  • Untuk tetap aktif dalam satu topik tertentu.
Termasuk dalam tujuan ini misalnya blog yang membahas perkembangan software atau sesuatu yang sedang berkembang, yang selalu diupdate dengan bertambahnya pengetahuan akan satu hal.

  • Untuk tetap bisa silaturahmi dengan teman dan keluarga.
Blog bisa bikin dunia ini kecil. Seorang di pojok dunia mana yang bisa terhubung ke internet bisa tahu bahwa hari minggu depan kita akan pergi bersama keluarga untuk beli bumbu dapur yang sudah mulai habis misalnya, atau melihat perkembangan si kecil yang baru bisa jalan melalui foto, video dan lain lain.

  • Untuk menghasilkan uang.
Jangan lupa kita bisa menghasilkan uang dari blogging meskipun banyak juga blogger yang tidak menghasilkan uang dari ngeblog. Tapi potensi ini tetap ada dengan kerja keras dan komitmen. Ada juga blogger yang bisa menghasilkan dan hidup dari blogging.

  • Untuk menikmati gaya hidup yang fun dan menjaga agar tetap kreatif.
Semakin kita senang setiap harinya makin mudah kita menjadi kreatif, dan kreativitas sangat diperlukan belakangan ini. Banyak blogger membuat blog hanya karena ingin berbagi satu kelucuan yang baru dialaminya.

Mungkin masih ada lagi yang belum di listing diatas dan seorang blogger pun sebenarnya tidak harus hanya punya satu tujuan dan bisa saja sambil dia belajar untuk jadi expert dia berusaha menolong orang lain dengan pengetahuan yang dimilikinya, sambil mengharap itu bisa menghasilkan uang. 

Atau perpaduan tujuan lainnya. Namun blog yang terlalu memuat banyak topik karena ingin semua tujuan bisa terlaksana juga pasti tidak enak untuk dibaca. Satu hal yang pasti seorang blogger yang sukses adalah bila dia ngeblog tentang hal yang sangat disenangi atau menjadi kesehariannya.

Semoga Bermanfaat...