Bagi yang baru belajar adsense, mungkin akan merasa aneh dengan istilah-istilah asing yang mungkin baru pertama kali dibaca, karena memang baru mengetahuinya. Dibawah ini merupakan daftar kata-kata yang sering di temui seputar program Adsense. Semoga dengan memahami istilah-istilah dibawah ini,kita lebih mengenal dan ahli dalam dunia adsense sehingga efeknya pendapatan kita pun menjadi meningkat (hehehe..ngarep)

Berikut Istilah-istilah Adsense yang perlu diketahui:

1. Account Activation

Setelah berhasil mengirimkan aplikasi Adsense dan memverifikasi alamat email, tim Adsense akan mengevaluasi aplikasi kita dan mengirimkan email pada kita dalam kurun waktu beberapa hari, kadang sampai 2 minggu Jika aplikasi kita diterima, maka kita bisa mengaktifkan account Adsense dengan cara login ke account adsense dan mulai copy paste kode Adsense ke halaman situs di mana kita ingin menempelkan Adsense.

2. Account Creation

Pembuatan account Adsense. Account Adsense akan kita dapatkan jika aplikasi program Adsense kita diterima. Kemudiaan kita bisa mulai login ke member area account Adsense kita.

3. Actual Cost-Per-Click / Actual CPC

Jumlah biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap klik iklan yang mereka terima. Actual CPC ini biasanya akan sama atau lebih rendah dari harga maksimum CPC yang telah ditentukan.

4. Actual Cost-Per-Thousand-Impressions / Actual CPM

Jumlah biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap tampilan/ kemunculan iklan mereka. Actual CPM ini biasanya akan sama atau lebih rendah dari harga maksimum CPM yang telah ditentukan.

5. Ad layout

Format iklan yang akan ditampilkan di situs publisher (pemilik account Adsense). Seorang publisher bisa memilih format yang sesuai dengan situsnya. Mulai dari ukuran, bentuk dan tampilan iklan Adsense yang akan muncul, bahkan termasuk warna.

6. Ad Layout Code

Kode HTML yang akan ditempatkan oleh publisher di halaman situs yang telah di-approve.

7. Ad Rank

Posisi iklan pada suatu halaman website yang didasarkan pada rata-rata kemunculan iklan dan biaya maksimum iklan per klik (CPC).

8. Ad Server

Komputer yang dioperasikan oleh pihak ketiga yang berfungsi untuk mengirimkan iklan ke website di mana iklan akan ditampilkan. Penggunaan Ad Server ini sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan antara pemasang iklan dan pemilik website karena setiap perhitungan dikelola secara objektif oleh pihak ketiga.

9. Ad Unit

Jenis tampilan iklan yang dihasilkan dari satu macam kode Adsense.

10. Adjustments

Untuk alasan tertentu, pendapatan yang kita peroleh kemungkinan bisa masuk ke dalam debit atau kredit, informasi ini bisa kita cek di halaman ‘Payment History' Adanya Adjustments memungkinkan kita untuk melakukan pengecekan terhadap pembayaran, jumlah klik yang valid dan hal lainnya.

11. AdSense For Search Fees

Pernyataan yang terdapat dalam kesepakatan tertulis Google Adsense, di mana pendapatan yang kita terima dari Adsense masih harus dipotong oleh biaya yang lain. Kesepakatan ini hanya berlaku untuk publisher tertentu.

12. AdWords

Salah satu program yang ditawarkan oleh Google berupa PPC (Pay Per Click). Perusahan yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka bisa bergabung dengan program ini. Iklan Adwords yang tampil di situs Publisher disebut ‘Adsense’.

13. Alternate ads

Alternate Ads memungkinkan kita untuk memonitor ruang iklan bilamana Google tidak menampilkan iklan tertarget ke halaman situs kita. Dengan menentukan gambar atau ad server sesuai dengan keinginan, maka kita bisa memastikan ruang iklan selalu terpakai secara efektif, entah oleh iklan tertarget atau oleh konten pilihan kita sendiri.

Alternate Ads akan muncul pada saat tidak ada iklan tertarget yang tersedia untuk halaman situs kita. Jika hal ini terjadi, ruang iklan tidak lagi di-brand atas nama ‘Ads by Google’, tapi bisa kita tentukan sesuai dengan keinginan.

13. Check Fees

Biaya khusus yang dibebankan untuk pengiriman cek pembayaran atau cek penghentian pembayaran.

14. Click

Dalam konteks reports Publisher Adsense, berhubungan dengan klik yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang ada di halaman Publisher. Kolom ini juga memuat klik tidak valid yang tidak mendatangkan keuntungan. Sedangkan klik terhadap iklan layanan masyarakat tidak termasuk ke dalam reports Publisher Adsense.

15. Click Fraud

Menampilkan iklan Adsense dengan menggunakan berbagai cara fraud untuk meningkatkan jumlah klik bagi pemasang iklan. Orang yang melakukan klik fraud ini akan mendapatkan uang dari klik yang dihasilkan walaupun klik tersebut bukan dari pelanggan yang sebenarnya.

16. Clickthrough

Melakukan klik terhadap banner atau iklan lainnya. Setiap klik akan terhubung langsung dengan link website pemasang iklan.

17. Clickthrough Rate (CTR)

Dalam konteks reports Publisher Adsense, CTR adalah jumlah klik iklan Adsense dibagi dengan jumlah kemunculan iklan Adsense tersebut.

18. Color Palette

Adsense memberi kesempatan bagi setiap publisher untuk melakukan perubahan terhadap warna iklan yang akan muncul. Color Palette memungkinkan kita untuk bisa memastikan bahwa warna text, background dan border sudah sesuai atau matching dengan situs kita.

19. Competitive Ad Filter

Daftar URL yang bisa dibuat dan disimpan di account publisher dengan tujuan untuk memblok iklan dari URL tertentu. Dengan menambahkan URL tertentu, maka situs kita tidak akan menampilkan iklan yang berasal dari URL tersebut.

20. Content

Istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan informasi dalam konteks digital. Bisa dalam bentuk halaman website, ataupun dalam bentuk kumpulan informasi file seperti suara, teks, gambar dan video.

21. Contextual Advertising

Sponsor link yang tampil berdampingan dengan konten yang berhubungan dan tidak berasal dari Search Engine, contohnya seperti artikel berita.

22. Cost-Per-Click (CPC)

Biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik iklan mereka. Google Adwords memiliki sistem harga CPC sendiri.

23. Cost-Per-Thousand-Impressions (CPM)

Biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan setiap kali iklan mereka 1000 kali muncul dan terekam oleh Search Engine.

24. Crawl

Cara robot Search Engine dalam menjelajahi setiap halaman dari situs kita.

24. Distribution Preference

Memungkinkan pemasang iklan Adword untuk menampilkan iklan mereka di kolom search, konten atau produk yang masuk ke dalam jaringan Google. Tidak semua iklan Google Adwords akan muncul di halaman website Adsense.

26. Effective CPM (eCPM)

Biaya yang harus dikeluarkan per 1000 kemunculan. Dalam konteks publisher, CPM sangat berguna untuk membandingkan penghasilan yang diperoleh dari channel yang berbeda dan beberapa program iklan. Perhitungannya diperoleh dengan membagi total penghasilan dengan jumlah kemunculan per 1000. Misalnya, jika publisher mendapatkan $180 dari 45.000 kemunculan, maka CPMnya sama dengan $180/45, atau $4.00.

27. Geo-Targeting

Pemasang iklan Adwords bisa memilih untuk menampilkan iklan mereka dengan target lokasi dan bahasa tertentu. Iklan Adword akan tampil di situs Adsense tergantung pengaturan Geo targeting yang dilakukan oleh pemasang iklan dan pemilik situs Adsense.

28. Google Adsense

Salah satu program Google yang memungkinkan publisher mendapatkan penghasilan dari iklan Adsense tertarget yang ditempatkan di situsnya. makanya yang semangat ya kalau mau belajar adsense

29. Google Advertising Network

Iklan Google Adwords tidak hanya ditampilkan di google tapi juga di seluruh jaringan iklan google. Termasuk situs pencarian seperti America Online, CompuServe, Netscape, dll. Begitupun dengan situs konten seperti New York Post, Macworld.com, JavaWorld, LinuxWorld, HowStuffWorks, dll.

30. Maximum Cost-Per-Click

Biaya CPC maksimum yang perlu dikeluarkan oleh pemasang iklan.

31. Maximum Cost-Per-Thousand-Impressions

Biaya CPM maksimum yang perlu dikeluarkan oleh pemasang iklan.

32. Mod

Mod adalah kependekan dari Modification.

33. Niche

Market yang sangat spesifik memuat produk dan servis yang spesifik.

34. Page eCPM (aka. Effective CPM)

Biaya per 1000 kemunculan iklan. Dilihat dari perspektif publisher, CPM sangat berguna untuk membandingkan penghasilan yang diperoleh dari channel yang berbeda dan beberapa program iklan. Perhitungannya diperoleh dengan membagi total penghasilan dengan jumlah kemunculan per 1000. Misalnya, jika publisher mendapatkan $180 dari 45.000 kemunculan iklan, maka CPMnya sama dengan $180/45, atau $4.00.

35. Page Impression

Satu Page Impression dihitung setiap kali satu unit iklan tampil di situs publisher.

36. Page View

Perhitungan tentang berapa kali pengunjung mengakses suatu halaman situs. Page view bisa digunakan bergantian dengan page impression.

37. PSA

Iklan layanan masyarakat yang akan muncul jika tidak ada iklan tertarget atau jika Google tidak bisa mendeteksi konten halaman suatu website. Publisher tidak akan mendapatkan keuntungan untuk klik yang diperoleh dari iklan PSA.

38. Publisher

Pemilik website yang mengikuti program Adsense dengan menempatkan kode Adsense di beberapa halaman website-nya.

39. Script

Program komputer yang ditafsirkan dengan bahasa pemrograman seperti JavaScript atau perl yang biasa digunakan untuk membuat konten situs yang dinamik.

40. Site Scraper

Dikenal juga sebagai ‘Site Strippers’ atau ‘Scraper Sites’. Program yang banyak digunakan orang untuk membuat website yang mirip seperti direktori. Hampir semua ‘Site Scraper ‘ tidak memiliki konten unik hasil ciptaan sendiri, semua diperoleh dari website lain yang ada di search engine.

41. Site Targeting

Proses pengiriman iklan dari pemasang iklan ke pengunjung tertarget melalui konten situs yang tertarget.

42. Skyscraper

Jenis unit iklan Adsense yang vertikal.

43. Smart Pricing

Google selalu menganalisis data yang masuk ke jaringan mereka secara konstan. Jika data klik tertentu yang mereka peroleh menunjukan penurunan, maka Google tidak segan untuk menurunkan harga yang harus dibayar oleh pemasang iklan untuk klik tersebut.

44. Spider

Program software otomatis yang juga dikenal dengan istilah bot, bertugas menjelajah dan mengikuti setiap perkembangan suatu halaman website beserta hyperlinks yang ada didalamnya. Digunakan oleh search engine untuk membangun index.

45. Template

Tampilan layout standar yang memuat detil dasar suatu halaman.

46. Terms Of Service (TOS)

Peraturan yang harus dipatuhi dan disepakati oleh orang yang ingin menggunakan layanan yang ditawarkan. Misalnya, dengan melanggar TOS Google, maka kita bisa dikeluarkan dari Adsense. Untuk lebih detil tentang peraturan yang telah ditetapkan google, silahkan kunjungi google adsense policies

Semoga dengan mengenal istilah-istilah diatas, kita jadi lebih bersemangat untuk belajar adsense.