Mengenal Lebih Dekat tentang Dunia Blog

Kegiatan ngeblog saat ini sudah menjadi trend baru, bukan saja di wilayah perkotaan yang notabene masyarakatnya menyerap teknologi dengan cepat (walau tidak semua), tetapi juga masyarakat di daerah yang sudah terjangkau akses internet.

Ngeblog itu kegiatan yang mengasyikan, sebab kita bebas mencurahkan, mungkin lebih tepatnya menulis, segala hal secara jujur, terbuka dan apa adanya. Dulu, sebelum adanya blog, mungkin kita hanya menulis curahan hati kita pada sebuah buku harian atau diary yang mungkin tidak banyak orang mengetahui isinya (ya iyalah, masa iya dong). Dengan adanya blog, apa yang kita tulis bisa dilihat oleh banyak orang. 

Bukan saja itu, orang lain yang membacanya juga diberikan kebebasan untuk memberikan komentar pada catatan yang kita tulis. Komentar yang diberikan juga tidak selamanya baik, ada juga komentar yang pedas (kayak cabe saja), mengkritik, bahkan berupa penghinaan. 

Tak ayal, kegiatan ngeblog juga kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk mengkritik seseorang, mungkin Anda sudah tahu orangnyaJ. Bahkan, dari sebuah sumber terpercaya ada juga tuh yang di bui gara-gara memposting tulisannya di blog. Tetapi itulah ngeblog, era dimana kebebasan berpendapat dibuktikan.

Tema blog yang ada juga isinya beragam, ada yang membahas seputar teknologi, komputer, kesehatan, pemerintahan, politik, cinta, buku, kebudayaan, kesenian, desain grafis, hacking, virus, pornografi (ada juga lho!, dan jangan ditiru!) dan masih banyak lagi tentunya. Biasanya, tema blog yang diangkat juga disesuaikan dengan profesi atau pekerjaannya.

Namun sayang, untuk saat ini belum ada peraturan atau hukum yang jelas untuk media blog. Maksudnya, blog itu juga kan sebuah karya cipta. Lantas, kalau ada orang yang “menyolong” isi artikel dari blog kita, untuk ditempatkan di blognya tanpa terlebih dahulu meminta ijin, 

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa blog itu adalah buku harian online yang ditulis oleh pemikiran sendiri dan bisa dibaca oleh banyak orang. Penafsiran akan blog itu sendiri cukup beragam, tetapi pada intinya blog adalah buku harian online, itu sudah mencakup semuanya. Sebagai tambahan, ini pengertian blog menurut situs http://id.wikipedia.org/wiki/Blog:
"Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut."
Anda punya pendapat lain mengenai blog?

Nah, berbicara mengenai blog tentunya cakupannya akan sangat luas. Blog sebenarnya tidak terbatas pada tulisan saja, sebab jenis blog juga sangat beragam, berikut ini macam-macam blog beserta penjelasannya.

  • Blog Umum (General)
Blog umum adalah jenis blog yang sudah mencakup semuanya, artinya blog tersebut sudah berisi teks, gambar, video, lagu, namun mayoritas adalah teks yang berisi didalamnya. Misalnya saja, Blogspot yang dimiliki Blogger.com, Wordpres, Typepad, Facebook dan masih banyak lagi.

  • Blog Foto

Blog Foto atau Photo Blog adalah layanan blog yang kontennya di dominasi oleh foto-foto, tentunya yang akan Anda lihat adalah lebih banyak tampilan visualnya ketimbang dengan teks. Bagi sebagian orang, didalam sebuah foto biasanya menyimpan sebuah cerita atau momen tertentu. Salah satu layanan blog foto yang bisa Anda gunakan yaitu situs Photoblog.Com, yang beralamat di http://www.photoblog.com. Melalui situs ini, kita bisa mempublikasikan foto-foto yang dimiliki dan melakukan share dengan orang lain. Selain itu, situs ini juga mendukung penggunaan bahasa Indonesia, tentunya akan sangat bermanfaat bagi yang belum fasih berbahasa Inggris. Selain situs Photoblog.com, kita juga bisa menggunakan flickr.com. Kalau di Indonesia sendiri situs Flickr.com memang yang paling banyak menggunakannya.

  • Video Blog

Video Blog atau juga ada yang menyebutnya vblog, merupakan layanan blog yang berisikan media video. Jadi, ide tulisan yang Anda miliki akan diwakili dalam bentuk media video. Video Blog di Negara Indonesia dan beberapa Negara berkembang memang kurang populer, sebab membutuhkan koneksi internet yang cepat alias tidak lemot untuk mengaksesnya. Salah satu layanan video blog yang terkenal adalah situs Youtube, yang beralamat di http://www.youtube.com. Melalui situs ini, kita juga bisa menjadi popular, asalkan video yang Anda miliki menarik atau unik bagi yang melihatnya. Situs Youtube ini kerap kali mendapat kecaman, sebab tidak semuanya video yang ada di situs ini berisi hal-hal baik atau positif. Seperti yang pernah terjadi akhir-akhir ini di Negara kita tercinta.

  • Mobile Blog

Mobile Blog adalah kegiatan ngeblog yang bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat gadget, seperti handphone atau PDA, tentunya yang sudah bisa digunakan untuk mengakses internet. Mobile Blog sebenarnya kurang popular, sebab tidak semua handphone mendukung fitur ini. Tetapi untuk Negara-negara maju, sudah tentu peminatnya tidak sedikit, sebab mereka umumnya sudah memiliki handphone yang canggih. Inilah sebenarnya yang dinamakan gaya hidup dengan mobilitas tingi, kapanpun dan dimanapun nyambung terus.

  • Game Blog

Game blog mungkin terdengar asing ditelinga Anda, sebab game blog hanya segelintir orang saja yang menyukainya. Game Blogs adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang suka atau memiliki kegemaran terhadap permainan game. Salah satu situs yang memberikan pelayanan game blogs adalah pictogame, melalui situs ini kita bisa mempublish game flash yang kita miliki, membuat game secara langsung dan melakukan sharing, pada friendster, facebook, multiply, livejournal dan masih banyak lagi.


Semoga Bermanfaat...