Bagi setiap orang yang ingin memiliki penghasilan untuk biaya hidup tentunya berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya, seorang lulusan sarjana pasti berfikir idealis kalau dia harus bekerja dibelekang meja dengan penghasilan sekian juta, seorang lulusan SMA atau sederajat mengidamkan pekerjaan yang tidak muluk-muluk yang penting dia dapat pekerjaan.

Seseorang akan merasa diakui eksistensinya jika dia memiliki pekerjaan tetap, sehingga dia tidak minder pada saat ditanya pekerjaan anda apa? mungkin jawabannya PNS, POLRI, ABRI, pedagang, petani dan sebagainya, dan secara legal status pekerjaan tercantum di dokumen negara semisal Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan atau pekerjaannya serabutan mungkin akan sedikit bingung dengan status pekerjaannya. Sampai detik ini status pekerjaan formal yang diakui eksistensinya oleh masayarakat dapat disebutkan sebagai berikut:

  • Pegawai Negeri Sipil
  • ABRI/POLRI
  • Pensiunan/Purnawirawan
  • Pedagang
  • Petani
  • Wiraswasta
  • Ibu Rumah Tangga
  • Lain-lain

Semenjak dunia maya merambah kehidupan sosial masyarakat Indonesia, banyak yang terlibat didalamnya salah satunya blogger, tujuan dari pada blogger dalam ber-blogging bermacam-macam, dari mulai yang sekedar hobi sampai yang mencari penghasilan. Dari kelompok yang bertujuan mencari penghasilan dapat dikategorikan menjadi dua kelompok lagi yaitu mereka yang part time (paruh waktu/sampingan) dan ada yang full time (sepenuhnya / pekerjaan utama).

Banyak bukti dari mereka yang mencari penghasilan dari blog baik part time maupun full time.

Jika blogger bisa menghasilkan pendapatan dari blog yang mereka kelola, bisa kita simpulkan kalau blogger bisa dianggap sebagai pekerjaan, apalagi jika blogger melakukannya secara full time, pekerjaan ini memiliki banyak peluang, blogger tidak perlu menulis lamaran untuk mulai bekerja, blogger tidak menjadi bawahan bagi orang lain malah bisa menjadi atasan bagi orang lain, blogger adalah pekerjaan yang penuh tantangan karena harus selalu bergerak dinamis mengikuti perubahan waktu, informasi dan trend yang sedang terjadi di masyarakat baik di dunia maya maupun nyata, karena produktifitas seorang blogger diukur dari artikel yang dia hasilkan tanpa mengorbankan kualitas artikel yang dia hasilkan tersebut.

Sudah saatnya pola fikir masyarakat termasuk anda yang sudah tergantung pada internet merubah pandangan terhadap bloger, bloger adalah sebuah profesi, blogger adalah pekerjaan layaknya wartawan bagi surat kabar atau layaknya penulis bagi penerbit buku, jadi bukan hal yang tidak mungkin jika lima atau sepuluh tahun kedepan akan tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk “Pekerjaan : Blogger “. Siapkah anda menjadikan blog sebagai pekerjaan full time?