Cara Keren Membuat Template Blog SEO Friendly
AGAR TEMPLATE BLOG SEO FRIENDLY

Teknik SEO Blogspot memang tidak ada habis-habisnya untuk diterapkan atau dipraktekkan, Tekhnik SEO bisa dikatakan sebagai ajang pertarung untuk menjadi anak kesayangan mesin pencari, terutama  Google dan Yahoo. Semua blogger pasti mendambakan SEO mereka agar optimal untuk blog-blog mereka.

Berbagai cara yang anda terapkan memang telah dilakukan untuk meningkatkan optimasi SEO blogspot, seperti halnya dalam memilih template blog. Memilih template blog yang benar memang mutlak diperlukan., ini biar blog anda menjadi rentang dan lekat erat dengan mesin pencari raksasa. Jika dalam memilih template blog dengan asal-asalan, alhasil nantinya SEO website kita akan kacau.

Maka pilihlah template blog Anda dengan benar. Benar disini maksudnya adalah tampilannya bagus, tidak mencolok mata, cocok untuk tema blog kita, dan yang lebih penting lagi adalah SEO Friendly (akrab dengan google)

Nah!! Kawan-kawan sekalian jika mungkin Anda ingin membuat template blog Anda agar menjadi template SEO friendly maka cara-cara di bawah ini mungkin bisa bermanfaat buat Anda. Berikut cara-caranya:

1.     Judul Halaman
Biasanya format page title dari blogger adalah seperti ini, JUDUL WEB : JUDUL POSTING. Nah, agar blog kita lebih disukai oleh Google sehingga ujung-ujungnya blog kita jadi ramai, kita harus merubah format page title standar itu menjadi seperti ini, JUDUL POSTING | JUDUL BLOG.

Caranya cari kode berikut ini di Edit HTML, cukup dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard!


<title><data:blog.page.title/></title>

Kalo sudah dapet kodenya, silakan Anda hapus dan ganti dengan kode berikut ini!

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if> 

Atau Anda juga bisa tambahkan dengan beberapa kata kunci (keyword).


<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | KATA KUNCI ANDA | KATA KUNCI ANDA </title>
</b:if>

Catatan Penting: Ganti kode "KATA KUNCI ANDA" dengan keyword yang Anda incar. Setelah semua selesai jangan lupa untuk save template.


2.  Meta Keyword dan Deskripsi blog 
Sebagai Salah satu mesin pencari seperti Google sangat menyukai sebuah website/blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi, Anda harus tambahkan suatu tag yang namanya meta tag. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="DESKRIPSI BLOG ANDA" />
<meta name="keywords" content="KATA KUNCI, KATA KUNCI, KATA KUNCI" />
</b:if>

Setelah itu, save template Anda.

3.     Memasang Breadcrumbs
Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada di atas sebuah posting atau artikel. Contohnya bisa dilihat diblog saya ini. Cara pasangnya juga sudah banyak dibahas di blog-blog guru blogging. Silahkan surfing di Search Engine untuk mengetahui cara memasangnya.

4.     Memasang Artikel Terkait
Related post sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi pasanglah segera related post di blog Anda. Caranya sudah banyak dibahas di blog-blog para guru blogging.

5.     Mematikan Setting Arsip Blog
Heran??!! janganlah dulu. Google sangat membenci dengan yang namanya duplicate content (kontent yang sama). Jadi ketika kita mengaktifkan opsi blog arsip, misalnya kejadiannya seperti ini, Anda ingin membuat sebuah blog, Lalu membuat 3 posting, 1 buah setiap hari. Maka di halaman utama atau homepage Anda akan ada 3 posting dan sebuah link arsip seperti ini, http://BLOGANDA.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, yang memunculkan 3 posting yang sama dengan yang dimunculkan oleh homepage. Intinya, 2 buah link yang memunculkan sebuah halaman yang sama. Bagi Search Engine apa lagi Google, ini adalah masalah serius. Oleh karena itu kita harus me-nonaktifkan opsi arsip.

Caranya, cukup klik tab Setting, pilih Archiving. Nah, pada bagian Archiving Frequency ubah menjadi No Archive. Selesai sudah! :)

6.     Menambahkan Kode ‘Rel=Canonical
Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para Master of SEO bilang bahwa Google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content. Caranya mudah, cukup klik Edit HTML, lalu Anda tambahkan kode berikut setelah kode <head>.

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' /> 

Save template dan selesai.

7.     Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting Anda dengan tag H1. Caranya cari kode berikut!

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

Kode yang dicetak tebal dihapus dan diubah dengan tulisan h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>.

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; } 

Nah, mungkin cukup sekian dulu tips tentang bagaimana cara mengedit template blog agar SEO friendly kali ini. 

Semoga bermanfaat dan sukses selalu!