Mengenal Bounce Rate - Bounce rate bisa disebut merupakan gambaran banyaknya prosentase kunjungan pada satu halaman blog atau situs yaitu attitude pengunjung masuk dan keluar lagi dari halaman blog Sobat. Bounce rate bisa menjadi alat ukur seberapa besar pengunjung menyukai pada blog dan bisa menjadi indikator seberapa berkualitas post pada blog Sobat.

Bounce rate yang baik adalah prosentase yang kecil, semakin kecil bounce rate maka menandakan pengunjung meminati blog anda dan tidak hanya membuka satu halaman saja tetapi membuka semua halaman yang ada pada blog Sobat, dan sebaliknya jika bounce rate besar maka semakin buruk dan pengunjung tidak terlalu meminati blog Sobat.

Berdasarkan beberapa sumber Bounce rate yang baik itu berkisar antara 20% - 40%, sedangkan bounce rate yang buruk itu di atas 70%, jadi jika blog Sobat hanya mempunyai 1 post pasti bounce rate-nya 100%.

Jika Sobat sudah mengetahui apa itu bounce rate, selanjutnya mari kita simak 7 Cara Mudah Menurunkan Bounce rate Blog Sobat dengan membaca tips dibawah ini:
  • Buatlah Banyak Konten yang Berkualitas
Konten yang berkualitas merupakan jaminan bahwa pengunjung akan selalu mendapatkan manfaat atas setiap waktu yang dihabiskan. Kualitas konten juga memberi isyarat bahwa setiap link yang diberikan akan memberi manfaat lainnya, lagi dan lagi... 

Resiko bounce rate tinggi pada sebuah blog yang baru lahir adalah hal yang wajar mengingat blog baru biasanya memiliki konten yang sedikit. Namun menjadi tanda bahaya jika sebuah blog yang sudah aktif bertahun-tahun memiliki bounce rate yang tinggi. 

Cara paling instan mengatasi ini adalah dengan menciptakan banyak konten berkualitas. Tujuannya adalah untuk memberikan pengunjung blog lebih banyak pilihan informasi untuk dinikmati. 
  • Tautan Link Konten Lainnya 
Terakhir adalah tautan link lainnya. Ini berfungsi untuk menahan pengunjung blog agar tidak segera meninggalkan blog kita. Namun, tautan link dipengaruhi oleh cara-cara sebelumnya yaitu judul dan kualitas. 

Jika pengunjung sudah tahu akan kualitas konten yang diberikan dalam blog kita tentu mereka akan penuh percaya diri saat melakukan klik kepada tautan link yang diberikan. Hal ini terjadi karena mereka sudah percaya akan kualitas yang ditawarkan oleh konten blog kita.
  • Mempercantik Tampilan Blog Sobat
Coba Sobat perhatikan tampilan blog Sobat terlebih dahulu, apakah sederhana ataukah terlalu mencolok? Sebab kebanyakan blog yang bounce rate-nya bagus pasti memiliki tampilan sederhana. Misalnya seperti Google, homepage google terlihat sederhana dengan font yang elegan dan warna background putih yang menjadikan pengunjung bisa berlama-lama di sana. Sekarang hiaslah blog Sobat dengan tampilan yang elegan dan font yang disukai oleh pengunjung Sobat .

Tahukah Sobat bahwa warna memiliki pengaruh unik bagi pengguna internet (khususnya pengunjung blog)? Percaya atau tidak pemilihan warna yang tepat dapat membuat banyak perbedaan kepada bounce rate blog Sobat. Warna yang bersahabat bagi pengunjung blog bisa membuat mereka betah berlama-lama dan menyerap informasi yang disampaikan. 

Kemudian desain juga memberi pengaruh yang signifikan. Desain yang sederhana dengan navigasi yang mudah tentu akan mengundang ketertarikan pengunjung untuk melakukan klik atas halaman utama blog kita. Desain yang rumit mungkin akan membuat pengunjung pergi dengan seketika. Akibatnya bounce rate blog pun meningkat. 
  • Mempercepat Loading Blog
Pengunjung biasanya akan kabur karena saat loading selalu lama dan hanya menghabis-habiskan waktu, itulah penyebab bounce rate semakin buruk. Coba Sobat pilih template dengan loading cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu saat loading. Sesuaikan dengan kecepatan koneksi internet pengunjung Sobat, jika pengunjung anda Indonesia pasti harus template yang memiliki loading cepat.
  • Memasang "Related Post/ Articles" setelah Postingan Blog
Widget artikel terkait berfungsi menautkan postingan yang satu dengan yang lainnya. Jadi saat pengunjung sudah selesai membaca mereka akan mengklik kembali post yang menarik di widget artikel terkait tersebut. Dengan artikel terkait, Sobat bisa menurunkan bounce rate dengan mulus, dan pengunjung akan segera menikmati blog Anda beserta isi-isinya.
  • Perhatikan Judul Artikel Blog 
Jika pengunjung tiba dihalaman utama blog kita apa yang mereka lihat? Kebanyakan desain halaman utama blog berupa kumpulan kalimat pendek disertai judul-judul dibagian tengah, kemudian kalimat pendek yang disertai link dibagian side bar

Semakin menarik judul yang diberikan semakin penasaran pengunjung blog untuk melihat apa isi informasi yang ditawarkan. Jangan tergoda untuk menipu pengunjung blog dengan memberi judul yang menyesatkan. 

Judul yang menyesatkan adalah judul artikel blog yang tidak berkaitan sama sekali dengan isi artikel itu. Trik negatif seperti ini malah akan berakibat buruk kepada blog kita sendiri untuk jangka panjang. 
  • Perhatikan Panjang Pendek Artikel Blog 
Untuk menikmati sebuah konten blog sampai habis tentu pengunjung memerlukan waktu. Baik itu konten video atau artikel, durasi memainkan peran dalam menurunkan bounce rate blog. Permainan durasi ini merupakan strategi paling sederhana namun berkaitan erat dengan judul dan kualitas konten. 

Jika judul artikel blog menarik tentu pengunjung ingin mengetahui lebih jauh. Jika konten berkualitas tentu pengunjung akan bertahan tidak peduli seberapa panjang/ lama waktu yang dibutuhkan untuk menikmati konten sampai selesai.

Demikianlah 7 tips yang bisa Sobat gunakan untuk memperkecil bounce rate di blog atau situs yang Sobat miliki. Semoga bermanfaat...