Cara Mudah Mengenal Teknik Dasar SEO - Pada era digital dimana hampir semua kegiatan bisa dilakukan melalui internet, ada miliaran data yang mengalir setiap hari dalam format digital bahkan dalam genggaman tangan sekalipun. Jika anda merupakan seorang internet marketer, online marketer, atau digital marketer, data tersebut sudah pasti menjadi hal penting bagi anda karena dengan data kita bisa mengetahui perilaku orang selama berselancar menggunakan internet, termasuk mengetahui apa yang mereka sukai dan website apa saja yang sering mereka kunjungi. Data-data ini merupakan amunisi bagi online marketer untuk memasarkan berbagai macam produk mereka secara online.

Salah seorang online marketing kelas dunia, Neil Patel menjelaskan beberapa elemen penting dalam SEO yang bisa meningkatkan kemampuan Anda sebagai internet marketer. Berikut beberapa diantaranya:

1. Domain Authority

Istilah domain authority dari suatu website berasal dari Moz. Mereka mengembangkan sebuah engine untuk mengukur betapa penting dan kuatnya suatu website di mata Google berdasarkan Mozscape, jumlah link, MozRank, MozTrust dan masih banyak faktor lainnya. Yang pasti, dengan menggunakan engine yang dikembangkan Moz ini, Anda bisa mengetahui nilai dari website Anda dimata search engine Google.

Domain authority diukur dalam skala 100 poin. Jika situs hanya memiliki skor 20-an, itu menunjukkan bahwa situs Anda memilki nilai yang rendah, tapi jika situs Anda memiliki skor 90-an, selamat! berarti Anda berhasil membangun website yang hebat.

Nilai domain authority (DA) telah terbukti menjadi salah satu angka yang bisa diandalkan untuk menentukan kesuksesan suatu situs supaya bisa muncul di SERP. DA yang tinggi menunjukkan bahwa ada banyak traffic yang masuk dan memiliki ranking yang tinggi di Google.

Untuk mengetahui DA dari suatu website, Anda bisa menggunakan tool gratis berikut ini: 
2. Kecepatan Situs (Load Time)

Pada dasarnya, kecepatan situs diukur dari betapa cepatnya sebuah situs muncul di browser pengguna. Ada beberapa faktor yang turut menentukan lamanya load time, seperti waktu server, waktu browser, besarnya file suatu halaman, dan masih banyak lagi. 

Sebagai pemilik website, Anda harus bisa memastikan bahwa website Anda bisa diakses user dalam 2 detik saja. Kenapa? Tren website menyatakan bahwa load time yang bagus itu adalah 2 detik, lebih dari itu konversi website tersebut akan menurun.

Tapi seberapa pentingkah load time itu? Sebagai internet marketer, Anda pasti tahu bahwa load time bisa meningkatkan SEO anda. Semakin cepat load time, semakin bagus website Anda di mata Google. Ingat bahwa Google tidak suka website yang lama diakses, ini hanya akan membuat kekuatan SEO anda menurun.

Selain menentukan SEO, load time juga mempengaruhi user experience. Jika website Anda lambat, ini akan membuat user kabur sebelum melihat website Anda dan tentu saja ini adalah pengalaman yang buruk bagi user. Jadi, pastikan website anda bisa diakses secepat mungkin.

Bagaimana mencari tahu kecepatan website secara menyeluruh? Anda bisa menggunakan beberapa tool berikut ini:
  • PageSpeed InsightsGoogle Developer Tools (Anda diberikan saran terhadap aspek mana saja yang bisa diperbaiki pada website)
  • Quicksprout (full insights, Anda bisa mengetahui detil dari isi konten dan SEO website)

3. Backlink

Backlink adalah link dari luar situs yang mengarah ke situs Anda. Jika Anda seorang online marketer, Anda pasti tahu dan sadar betapa pentingnya backlink karena ini adalah salah satu faktor yang paling besar dalam menentukan kesuksesan suatu situs. Tanpa backlink, website anda pasti sudah menjadi kota hantu yang tidak berpenghuni.

Berbicara tentang backlink itu berarti berbicara tentang jumlahnya. Sangat tidak disarankan untuk menempatkan banyak backlink karena jika Anda dianggap menyampah oleh Google, maka bersiaplah untuk diberikan hukuman dari mereka.

Secara tidak langsung, backlink memberitahukan search engine bahwa Anda memiliki konten, value, website yang bernilai tinggi. Jadi cerdaslah dalam memanfaatkan backlink untuk meningkatkan SEO anda.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua situs memiliki authority yang sama. Website dengan authority tinggi bisa memberikan anda suatu backlink yang bernilai tinggi pula. Backlink merupakan aspek utama kesuksesan suatu website.

Bagaimana menghitung jumlah backlink dan kualitasnya?. Anda bisa menggunakan tool berikut ini:
  • Quicksprout (simple, hanya jumlah dan kualitas dari backlink itu sendiri)
  • Open Site Explorer (Anda bisa mengetahui daftar website yang memberikan Anda link balik beserta domain authority-nya)
4. Jumlah Halaman yang Terindeks

Ini adalah jumlah halaman di website Anda yang sudah di-crawl oleh Google dan muncul di hasil pencarian.

Pada dasarnya, halaman yang terindeks sama dengan konten yang ada di website Anda. Semakin banyak konten, semakin tinggi peluang situs anda untuk muncul di hasil pencarian pada keyword tertentu. Anda juga bisa menambahkan internal link dalam suatu konten karena ini juga bisa meningkatkan SEO pada website Anda. Tapi, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Matt Cutts bahwa konten yang banyak tidak menjamin situs Anda memiliki ranking yang lebih baik di Google.

Walaupun kuantitas tidak menjadi faktor dalam SEO, itu tidak berarti hal yang sama terjadi pada kualitas konten. Jadi, yang sebaiknya Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas dari konten anda. Semakin panjang dan berkualitas isi konten anda, semakin baik konten tersebut bagi Google. Jumlah kata yang memiliki ranking yang tinggi pada suatu konten biasanya memiliki 2000 lebih kata.

Gunakan tool berikut ini untuk mengetahui jumlah halaman yang terindeks dalam website Anda:
  • Quicksprout
  • Google Webmaster Tools (dengan menggunakan tool ini, anda bisa mengetahui pertumbuhan dan penurunan dari konten di website anda)
5. Interaksi Sosial Media

Interaksi sosial media menunjukkan berapa banyak orang yang sharing, me-like konten anda dan membicarakannya di sosial media.

Sosial media adalah refleksi kondisi website anda secara sosial. Jika website Anda menjadi terkenal di sosial media, secara otomatis SEO anda juga akan meningkat.

Ada lima sosial media besar yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan visibilitas bisnis anda secara sosial: 
  • Facebook 
  • Google+ 
  • LinkedIn 
  • Twitter 
Anda bisa juga menggunakan Quicksprout untuk mengetahui gambaran secara umum dari jumlah share konten Anda di sosial media.


6. Perilaku User di Website

Untuk mengetahui apakah website Anda bisa menarik atau tidak, Anda bisa melakukan tracking terhadap apa saja yang dilakukan pengunjung di website. Dengan melakukan ini, Anda tahu pola dan perilaku user ketika mengunjungi website Anda, seperti berapa banyak halaman yang mereka lihat, interaksi sosial media, hingga berapa transaksi e-commerce terjadi pada rentang waktu yang telah ditentukan.

Mengukur jumlah pengunjung yang datang dalam rentang waktu yang telah ditentukan itu penting untuk mengetahui pola mereka dalam mengunjungi website Anda. Dari data yang Anda peroleh ini, Anda bisa memahami pengunjung Anda secara mendalam dan lalu menawarkan sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan.

Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melakukan hal ini.

7. Organic Visit

Organic visit adalah jumlah pengunjung yang datang ke website Anda dengan melakukan pencarian di search engine. Pencarian organik itu berbeda dengan pencarian berbayar yang mana pencarian berbayar berbentuk iklan yang dikenal dengan Google Adwords.

Organic visit adalah tujuan utama dari setiap upaya marketing yang dilakukan di search engine. Memiliki website yang masuk halaman pertama di hasil pencarian pada keyword tertentu (yang memiliki daya saing yang tinggi) adalah berkah yang tiada duanya. Itulah hasil dari jerih payah sekelompok internet marketer. Apabila website Anda bisa berhasil tembus ke halaman satu, itu menunjukkan bahwa website anda memiliki konten yang berkualitas.

Anda bisa mengetahui keyword apa saja yang mengarahkan visitor ke website Anda menggunakan Google Analytic. Lalu klik bagian acquisition –> keyword –> organic.

8. Bounce Rate

Tingkat bounce adalah jumlah pengunjung yang pergi meninggalkan website Anda setelah mereka hanya melihat satu halaman dari website anda.

Suatu website belum bisa dikatakan sukses bila hanya menghasilkan traffic yang besar tapi tidak bisa mempertahankan traffic yang datang tersebut. Hal ini terjadi biasanya karena UI dan UX yang buruk pada website itu. Pemiliki website tidak mengerti bagaimana menarik perhatian pengunjung ketika mereka melihat pertama kali website anda.

Perlu Anda ketahui bahwa Google juga menilai SEO situs Anda dari bounce rate, itu berarti semakin tinggi bounce rate, semakin rendah situs Anda dinilai oleh Google. Jadi bagi Anda yang memiliki website dengan bounce rate tinggi, segeralah cari tahu penyebabnya dan perbaiki dengan cepat.

Anda bisa menghitung bounce rate dengan menggunakan Google Analytics.


Sumber Utama: startupbisnis.com